SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DENGAN METODE CASE BASED REASONING UNTUK PENILAIAN USULAN PEMBANGUNAN FISIK GEDUNG KABUPATEN BANTUL (STUDI KASUS PADA KANTOR BAPPEDA KABUPATEN BANTUL)


ABSTRACT: In accordance with Regulation No. 1 Year 1994 concerning General Spatial Plan, the development must be utilized optimally without ignoring the principle of balance and sustainability. Development programs implemented by the Government of Bantul Regency, especially the physical construction of the building is currently progressing very rapidly, it is marked with the number of facilities and infrastructure in the district of Bantul such as government buildings, educational facilities, health, etc. The process ofa physical building assessment submitted by the regional work units (SKPD) requires good planning because it involves a cost and also comply with general spatial planning of Kabupaten Bantul. This research aimed to establish a system of decision making to assess a proposal of the physical development building by using case-based reasoning (CBR). The assessment processis done by entering values on the elements of assessment and also to determine the priority rating for each type of building. The algorithm used is k-Nearest Neighbor with a similarity function by using the Normalized Euclidean Distance.

INTISARI: Sesuai dengan Perda No. 1 Tahun 1994 tentang Rencana Umum Tata Ruang, maka pembangunan harus dimanfaatkan secara optimal tanpa mengabaikan asas keseimbangan dan kelestarian. Program pembangunan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Bantul khususnya pembangunan fisik gedung saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat, hal ini ditandai dengan banyaknya pembangunan sarana dan prasarana di wilayah Kabupaten Bantul seperti gedung pemerintah, sarana pendidikan, kesehatan, dan lain-lain. Proses penilaian usulan pembangunan fisik gedung yang diajukan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) membutuhkan perencanaan yang baik karena menyangkut dengan biaya dan juga harus sesuai dengan rencana umum tata ruang Kabupaten Bantul. Penelitian ini dilakukan untuk membangun sebuah sistem pengambilan keputusan dalam menilai sebuah usulan pembangunan fisik gedung yang diajukan oleh SKPD dengan menggunakan metode case-based reasoning (CBR). Proses penilaian dilakukan dengan memasukkan penilaian pada unsur-unsur penilaian dan juga dengan menentukan nilai bobot prioritas untuk masing-masing tipe gedung. Algoritma yang digunakan adalah k-Nearest Neighbor dengan fungsi similarity dengan menggunakan Normalized Euclidean Distance.