ANALISIS PEMBANGUNAN PENDIDIKAN DASAR DI PROPINSI PAPUA BARAT, 2005-2009


ABSTRACT: The aims of this research was to analyze the development of primary education, which is shown on the participation of the population in nine-year compulsory education program (SD and SMP) as measured by Enrollment Rates (E/APS) during the period 2005 -2009 in nine districts/cities in the West Papua Province. This research used the panel data model. Based on panel data model of the selection method, the appropriated model for used in this study was the fixed effect model. The results of this research indicate that E/APS elementary and junior high to a variable of (I) GDRP per capita non-oil n gas intercept was positive and different, while for E / APS elementary and junior high to a variable (I) GDRP per capita with oil n gas intercept was negative and different

INTISARI: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pembangunan pendidikan dasar di 9 (sembilan) kabupaten/kota Propinsi Papua Barat yang diukur dengan pengaruh partisipasi penduduk terhadap pendidikan (sekolah) dasar dalam program wajib belajar 9 (sembilan) tahun (SD dan SMP) selama periode 2005-2009 pada sembilan kabupaten/kota di Propinsi Papua Barat. Penelitian ini menggunakan model data panel. Berdasarkan metode pemilihan model data panel, yang layak digunakan dalam penelitian ini adalah fixed effect model. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa E/APS SD dan SMP untuk variabel (I) PDRB per kapita non migas intersepnya positif dan berbeda, sementara untuk E/APS SD dan SMP untuk variabel (I) PDRB per kapita dengan migas intersepnya negatif dan berbeda. Sedangkan untuk angka partisipasi sekolah pada (I) PDRB per kapita non migas menunjukkan E/APS SMP lebih tinggi.