IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU DI KOTA YOGYAKARTA


Oleh: Bachtiar Dwi Kurniawan
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui implementasi kebijakan sertifikasi guru dalam jabatan khususnya jalur portofolio dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru. Penelitian implementasi kebijakan sertifikasi secara khusus ingin melihat sejauh mana proses implementasi yang dilakukan oleh para implementor, yang dalam hal ini adalah Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta dan LPTK, Rayon 11 berlangsung, dan faktor apa saja yang mempengaruhi implementasi kebijakan sertifikasi guru di Kota Yogyakarta. Lebih jauh penelitian ini dimaksudkan untuk melihat dampak dari kebijakan sertifikasi guru terhadap profesionalitas guru di dalam melakukan proses belajar mengajar.

Penelitian ini dilakukan  dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik penentuan sumber data dilakukan dengan cara purposive sampling yang difokuskan pada informan kunci, yakni aktor-aktor pelaksana dan target grup dari program. Perolehan data, baik yang primer maupun sekunder dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam. Data yang diperoleh kemudian diklasifikasi dan diverifikasi sehingga kemudian dianalisa berdasarkan pada kerangka teoritik yang telah ditetapkan.

Berdasarkan dari analisa data yang ada, penelitian ini menemukan beberapa hal, di antaranya adalah: pertama, dari segi proses pelaksanaan kebijakan sertifikasi guru baik di tingkat Dinas Pendidikan Kota dan LPTK bisa dikatakan berjalan dengan baik dan lancar, cuma ada sedikit persoalan, keduanya mengalami masalah berkait dengan keterbatasan sarana dan prasarana pendukung. Hal itu terjadi lantaran pemerintah pusat tidak mengalokasikan anggaran untuk mensupport pelaksanaan implementasi program. Kedua, dari segi dampak kebijakan, sertifikasi belum  ada peningkatan profesionalitas guru secara signifikan. Sikap para guru dalam menjalankan kebijakan sertifikasi terlihat hanya mengejar kesejahteraan semata, sementara mutu pengajaran kurang mendapat perhatian.

Kata Kunci: Implementasi, sertifikasi, dan Profesionalisme 

ABSTRACT
This research was conducted to determine teacher certification policies, especially the line of portofolio, in order to improve professionalism teachers. Research certification policy implementation especially want to see how far the process of implementation conducted by the executive, which in this case is the Education Office of Yogyakarta and LPTK, Rayon 11 took place, and what factors influence teacher certification policy implementation in the city of Yogyakarta. Further research is intended to see the impact of teacher certification policy toward teacher professionalism in teaching and learning.

This research was conducted using qualitative methods with descriptive approach. Mechanical determination of the source data was purposive sampling that focused on key informant, managing actors and beneficiaries. Acquisition of data, both primary and secondary through observation, documentation and in-depth interviews. The data obtained then classified and verified so then analyzed based on the theoretical framework that has been determined.

Based on analysis of existing data, this study found several things, including: first, in terms  of teacher certification process of policy implementation in both the City Department of Education and LPTKs can be said to run well and smoothly,  just have a little problem, both are experiencing problems related to the limited facilities and supporting infrastructure. It happened because the central government did not allocate budget to support the implementation of the program. Second, in terms of policy impact, there has been no increase in certified teachers' professionalism significantly. The attitude of teachers in conducting certification policy is only visible when pursuing welfare only, while the quality of teaching received less attention.

Key words: Implementation, certification, and professionalism