Oleh: ANGGIE
YUGANANTO
ABSTRACT
Development of information technology interests of
PT. PLN WS2JB to
develop and
implement information technology systems to
improve efficiency and effectiveness in
the company's business poses. This
study aims
to identify the successful implementation of
corporate web-based email, PTPLNWS2JB using
DeLone and McLean model in terms of user satisfaction, usage
and impact of individual and to
obtain empirical evidence about the
determinants of successful implementation of
corporate web-based email at
PT.PLN WS2JB.
This research uses of information systems success model of DeLone
and McLean
(2003) which has been modified in order to conform with the characteristics of corporate information
technology systems webmail PT. PLN WS2JB. Samples
are the employees who use corporate information technology systems in a web-based email
job everyday.
Questionnaires distributed as many
180 pieces
and analyzed by using software Smart PLS 2.0.
The results of this study indicate that successful implementation
of
corporate web-based email, PT. PLN WS2JB significantly influenced by the quality of systems, information quality, user satisfaction, usage and suitability of tasks and technologies. Corporate user satisfaction web mail significantly influenced by the quality
systems, quality and
usage information. The use is significantly influenced by the
quality system
and user
satisfaction. While the individual
impact significantly influenced by
the quality system,
quality information, use
and tasks and
technology fit.
Keywords: system quality, information quality, user
satisfaction, use, individual impact,
tasks and technology fit, DeLone
and McLean
success model.
ABSTRAK
Pengembangan
teknologi informasi menarik minat PT. PLN WS2JB untuk mengembangkan serta
mengimplementasikan sistem teknologi informasi guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas
dalam proses bisnis perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi
keberhasilan penerapan korporat email berbasis web PT. PLN WS2JB dengan
menggunakan model DeLone dan McLean yang ditinjau dari kepuasan pengguna,
penggunaan dan dampak individual serta untuk mendapatkan bukti empiris mengenai
faktor-faktor penentu keberhasilan penerapan korporat email berbasis web pada
PT. PLN WS2JB.
Penelitian
ini menggunakan model kesuksesan sistem informasi DeLone dan McLean (2003) yang
telah dimodifikasi yang bertujuan untuk menyesuaikan dengan
karakteristik-karakteristik dari sistem teknologi informasi korporat email berbasis
web PT. PLN WS2JB. Sampel penelitian ini adalah para karyawan yang menggunakan
Sistem teknologi informasi korporat email berbasis web dalam pekerjaannya
sehari-hari. Kuisioner disebarkan sebanyak 180 buah dan dianalisis dengan
menggunakan software Smart PLS 2.0
Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa kesuksesan penerapan korporat email berbasis
web PT. PLN WS2JB dipengaruhi secara signifikan oleh kualitas sistem, kualitas
informasi, kepuasan pengguna, penggunaan serta kesesuaian tugas dan teknologi.
Kepuasan pengguna korporat email berbasis web dipengaruhi secara signifikan
oleh kualitas sistem, kualitas informasi dan penggunaan. Penggunaan dipengaruhi
secara signifikan oleh kualitas sistem dan kepuasan pengguna sedangkan dampak
individual dipengaruhi secara signifikan oleh kualitas sistem, kualitas
informasi, penggunaan dan kesesuaian tugas dan teknologi.
Kata
kunci: kualitas sistem, kualitas informasi, kepuasan pengguna, penggunaan, dampak
individual, kesesuaian tugas dan teknologi, model kesuksesan DeLone dan McLean.