APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK MANAJEMEN BASIS DATA ASET TANAH DAN BANGUNAN PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA

INTISARI
Pemerintah Daerah memiliki berbagai aset yang harus dikelola, termasuk aset tanah dan bangunan. Agar aset-aset tersebut memberikan kontribusi yang maksimal bagi Pemerintah Daerah maka harus dimanajemen dengan baik. Salah satu aset tanah dan bangunan yang harus dikelola dengan baik adalah aset tanah dan bangunan Pemerintah Kota Yogyakarta. Realita yang terjadi Pemerintah Kota Yogyakarta belum memanajeman aset tanah dan bangunan dengan baik, hal tersebut dapat dilihat dari data aset tanah dan bangunan yang dimiliki oleh Pemerintah Kota Yogyakarta belum merupakan data yang akurat sertamemberikan informasi yang lengkap tentang aset t anah dan bangunan tersebut. Selain itu Pemerintah Daerah Kota Yogyakarta belum memiliki sistem informasi aset tanah dan bangunan berbasis spasial.
Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk menginventarisir aset tanah dan bangun an milik Pemerintah Kota Yogyakarta. Dari hasil inventarisir tersebut dibuat sistem informasi aset tanah dan bangunan dengan menggunakan sistem informasi geografis yaitu sistem informasi yang data berbasis spasial.
Dari penelitian ini disimpulkan bahwa jika aset tanah dan bangunan yang dimiliki Pemerintah Kota Yogyakarta diinventarisir dengan baik, maka didapat data yang lengkap dan akurat tentang seluruh tanah dan bangunan yang dimiliki oleh Pemerintah Kota Yogyakarta.  Dari inventarisir tersebut dapat dibuat basis data aset tanah dan bangunan. Untuk lebih memberikan manfaat yang lebih banyak lagi maka data aset tanah dan bangunan tersebut dibuat dalam bentuk sistem informasi manajemen dengan mengaplikasikan sistem informasi geografis yang tidak hanya memuat data atribut tentang suatu aset namun juga memuat data foto dan data spasialnya sehingga dapat memberikan informasi yang jauh lebih akurat dan memberikan gambaran atau imajinasi yang sama tentang suatu asset tanah dan bangunan, serta dapat digunakan sebag ai dasar pengambilan keputusan yang terkait erat dengan pemanfaatan tanah dan bangunan milik Pemerintah Kota Yogyakarta. Jika sistem informasi geografis ini dikembangkan dengan kerjasama antar instansi maka sistem informasi ini akan sangat bermanfaat dalam penyediaan data dan informasi yang sewaktu - waktu diperlukan tentu saja yang berkaitan dengan kebijakan Pemerintah Daerah

Kata kunci :  sistem informasi geografis, manajemen aset, aset tanah dan bangunan.

ABSTRACT
Local Govenrment has many asset th at must be managed well. One of that asset is land and build ing asset. If that is managed well it will give much contribution for Local Government. One of the local government is  The City Of Yogyakarta.  This city  has not managed their land and building asset well. It can be see n from land and building asset datum. The datum is not accurate and complete It may happen because the inventory activity that they do did not do well. We know th at if inventory is one of asset managemen activity. Not only that the  The City Of Yogyakarta has  not use information system that use spatial datum.

Based on that problem this research to inventory the land and building asset that belong to  The City Of Yogyakarta. The datum that is got from that activity is used to develop th e asset information system. The asset  information system is built using spatial datum. The research give conclution that if land and building asset of Local Government Yogyakarta is managed maximal it  will  produce the good and accurate database of land a nd building  that  belong to  The City Of Yogyakarta. From the data of land and building asset that get from the inventory activity we can built data base. The database is built become geography information system land and building asset of Local Government o f Yogyakarta. The information system not only give the atributt data but also give the photo of asset and the spatial data of the asset. So the information system can give more accurate data and can make the same perception of the land and building asset t hat belonging of The City Of Yogyakarta.
Key words : geography information system, asset management, land and building asset
[DOWNLOAD LENGKAP]