HUBUNGAN BELAJAR BERDASAR REGULASI DIRI DAN KEOTORITATIFAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA


ABSTRACT: The aim of this study is seek to find out the correlation between self-regulated learning and authoritative parenting style with mathematics academic achievements. Seventy-seven eleventh graders from “MAN A” Yogyakarta participated in this research. The instruments used in the study were student’s achievement report cards and scales. The scales used in this study were self-regulated learning scale and authoritative parenting style scale. Mathematics achievement score were collected by documenting the result of the odd semester daily tests. Major hypothesis was analyzed using regression method with two predictors; both minor hypotheses were analyzed using partial correlation method. The result of this research shown that (1) there was significant relationship between self-regulated learning and authoritative parenting style with mathematics academic achievements; (2) there was positive and significant relationship between self-regulated learning and student’s mathematics academic achievement, (3) there was positive relationship between authoritative parenting style and mathematics academic achievements.

INTISARI: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara belajar berdasar regulasi diri dan keotoritatifan pola asuh orang tua dengan prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini melibatkan 77 siswa kelas sebelas MAN A Yogyakarta sebagai subjek penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala dan dokumentasi. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala belajar berdasar regulasi diri dan skala keotoritatifan pola asuh orang tua. Nilai prestasi belajar matematika siswa diperoleh dari dokumentasi nilai ulangan harian semester ganjil siswa. Untuk hipotesis mayor, data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi dengan dua prediktor sedangkan untuk hipotesis minor pertama dan kedua, data dianalisis dengan analisis korelasi parsial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada hubungan antara belajar berdasar regulasi diri dan keotoritatifan pola asuh orang tua secara bersama-sama dengan prestasi belajar matematika. (2) Ada hubungan positif antara belajar berdasar regulasi diri dengan prestasi belajar matematika. (3) Ada hubungan positif antara keotoritatifan pola asuh orang tua dengan prestasi belajar matematika.