INTISARI Penelitian ini
bertujuan mengungkap tingkat pengaruh langsung kesadaran diri (KD) dan
kecerdasan emosi (KE) terhadap belajar berdasar regulasi diri (BBRD) pada
mahasiswa Seminari Tinggi. Penelitian ini juga bertujuan untuk mencari tingkat
signifikansi prediktor belajar berdasar regulasi diri.
Data penelitian
diperoleh melalui metode survey terhadap 56 mahasiswa Seminari Tinggi St.
Paulus (tingkat III dan IV), sebagai subjek penelitian. Skala Belajar Berdasar
Regulasi Diri, Skala Kesadaran Diri, dan Skala Kecerdasan Emosi merupakan
instrumen yang digunakan dalam penelitian ini.
Analisis data
dilakukan dengan menggunakan analisis regresi sederhana dan ganda dengan
bantuan program statistik SPSS Versi 13,0 for Windows.
Hasil analisis
regresi mengungkap bahwa kesadaran diri dan kecerdasan emosi tidak berpengaruh
langsung terhadap belajar berdasar regulasi diri mahasiswa. KD dan KE bukan
merupakan prediktor bagi BBRD, karena secara bersama-sama di dapat nilai R =
0,154 dengan p = 0,530 (tidak signifikan). Sedangkan korelasi BBRD dengan KD
didapat nilai r = - 0,154 dan p = 0,262 (tidak signifikan); dan korelasi BBRD
dengan KE nilai r-nya 0,023 dengan p sebesar 0,866 (tidak signifikan).
Kata Kunci: Kesadaran
Diri, Kecerdasan Emosi, Belajar Berdasar Regulasi Diri.