BELAJAR BERDASAR REGULASI DIRI DITINJAU DARI KESADARAN DIRI DAN KECERDASAN EMOSI PADA MAHASISWA SEMINARI TINGGI



INTISARI Penelitian ini bertujuan mengungkap tingkat pengaruh langsung kesadaran diri (KD) dan kecerdasan emosi (KE) terhadap belajar berdasar regulasi diri (BBRD) pada mahasiswa Seminari Tinggi. Penelitian ini juga bertujuan untuk mencari tingkat signifikansi prediktor belajar berdasar regulasi diri.
Data penelitian diperoleh melalui metode survey terhadap 56 mahasiswa Seminari Tinggi St. Paulus (tingkat III dan IV), sebagai subjek penelitian. Skala Belajar Berdasar Regulasi Diri, Skala Kesadaran Diri, dan Skala Kecerdasan Emosi merupakan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini.
Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi sederhana dan ganda dengan bantuan program statistik SPSS Versi 13,0 for Windows.
Hasil analisis regresi mengungkap bahwa kesadaran diri dan kecerdasan emosi tidak berpengaruh langsung terhadap belajar berdasar regulasi diri mahasiswa. KD dan KE bukan merupakan prediktor bagi BBRD, karena secara bersama-sama di dapat nilai R = 0,154 dengan p = 0,530 (tidak signifikan). Sedangkan korelasi BBRD dengan KD didapat nilai r = - 0,154 dan p = 0,262 (tidak signifikan); dan korelasi BBRD dengan KE nilai r-nya 0,023 dengan p sebesar 0,866 (tidak signifikan).
Kata Kunci: Kesadaran Diri, Kecerdasan Emosi, Belajar Berdasar Regulasi Diri.