ABSTRACT: The success of learning program is very much dependent upon a role
played by a teacher in a teaching and learning process. Good relationship and
cooperation become important to achieve the learning objectives. The problem is
often encountered in the learning process is that the lack of students learning
motivation. This is because of the students perception that Civics is the subject to
be memorized and the learning materials are available in the books/modules. The
other reasons are the students are not attentive and active in the learning process,
hesitation in expressing opinions before their classmates. Facing this situation, a
teacher needs a effort to find out strategies that enable to activate and motivate
students in the teaching and learning process. One of the strategies that can be
applied to increase students learning motivation is the Think-Pair-Share Strategy.
As the meaning implied in the term, the strategy involves the student to think,
working together in pair and share their ideas with their pairs in coping up with
problems. This strategy, therefore, can be a solution in an effort to increases
students learning motivation, especially Civics learning.
The aim of this research is to know the enhancement of students learning
motivation after the Think-Pair-Share Strategy is applied to Civics learning
process at SMK N 4 Yogyakarta.
Research method used by the researcher is the quasi-experiment with non
randomized repetition experimental design (non randomized pretest posttest
control group design), in which two groups are involved that is grade XI Boga 1
as experimental group, grade XI Boga 2 as control group. Technique used in
collecting data was that questionnaire was given to both groups before and after
the treatment to see if there is difference in increase of learning motivation
between the two groups. Data is analyzed quantitatively.
The result is that there is a significant increase in students learning
motivation on the experimental group after applying the Think-Pair-Share
Strategy. The average of pretest and posttest increases compared to that of control
group. The conclusion is that Think-Pair-Share strategy enables to increase
students learning motivation on civics subject.
INTISARI: Guru dalam proses pembelajaran memegang peranan yang sangat penting
terhadap berhasil atau tidaknya program pembelajaran. Antara guru dan siswa
harus terjalin suatu kerjasama yang baik. Dengan adanya kerjasama yang baik,
dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan baik dari guru maupun dari
siswa. Permasalahan yang sering dihadapi pada saat proses pembelajaran adalah
kurangnya motivasi belajar siswa. Hal ini dikarenakan siswa menganggap
pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan adalah pelajaran hafalan dan materinya
sudah ada di buku/modul, kurangnya perhatian dan keaktifan siswa pada saat
pembelajaran, serta kurangnya keberanian siswa untuk mengemukakan
pendapatnya dihadapan teman-temannya. Sehingga guru perlu mengupayakan
sebuah strategi yang dapat mengaktifkan dan memotivasi siswa dalam proses
belajar mengajar. Salah satu strategi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan
motivasi siswa adalah strategi Think-Pair-Share. Dalam strategi ini, siswa diajak
untuk berpikir, berpasangan dan berbagi dalam menyelesaikan masalah yang ada.
Sehingga Strategi ini dapat menjadi salah satu solusi untuk menjadikan
pembelajaran lebih efektif dan menyenangkan terutama pada pembelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi
belajar siswa setelah penerapan strategi Think-Pair-Share pada pembelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan di SMK N 4 Yogyakarta.
Metode penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah kuasi
eksperimen dengan desain eksperimen ulang non random (non randomized pretest
posttest control group design), dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas XI
Boga 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI Boga 2 sebagai kelompok
kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan kuestioner
kepada kedua kelompok sebelum dan setelah tindakan untuk melihat apakah ada
perbedaan peningkatan motivasi belajar siswa di kedua kelas tersebut. analisis
data dilakukan secara kuantitatif, karena pendekatan yang digunakan adalah
penelitian kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan yang signifikan skor
motivasi belajar siswa pada kelompok eksperimen setelah penerapan strategi
think-pair-share dilihat dari jumlah nilai rata-rata posttest – pretest kelompok
eksperimen dan nilai rata-rata posttest - pretest kelompok kontrol,sehingga dapat
disimpulkan bahwa strategi Think-Pair-Share dapat meningkatkan motivasi
belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan