MENIGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI THINK-PAIR-SHARE PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMK N 4 YOGYAKARTA


ABSTRACT: The success of learning program is very much dependent upon a role played by a teacher in a teaching and learning process. Good relationship and cooperation become important to achieve the learning objectives. The problem is often encountered in the learning process is that the lack of students learning motivation. This is because of the students perception that Civics is the subject to be memorized and the learning materials are available in the books/modules. The other reasons are the students are not attentive and active in the learning process, hesitation in expressing opinions before their classmates. Facing this situation, a teacher needs a effort to find out strategies that enable to activate and motivate students in the teaching and learning process. One of the strategies that can be applied to increase students learning motivation is the Think-Pair-Share Strategy. As the meaning implied in the term, the strategy involves the student to think, working together in pair and share their ideas with their pairs in coping up with problems. This strategy, therefore, can be a solution in an effort to increases students learning motivation, especially Civics learning. The aim of this research is to know the enhancement of students learning motivation after the Think-Pair-Share Strategy is applied to Civics learning process at SMK N 4 Yogyakarta. Research method used by the researcher is the quasi-experiment with non randomized repetition experimental design (non randomized pretest posttest control group design), in which two groups are involved that is grade XI Boga 1 as experimental group, grade XI Boga 2 as control group. Technique used in collecting data was that questionnaire was given to both groups before and after the treatment to see if there is difference in increase of learning motivation between the two groups. Data is analyzed quantitatively. The result is that there is a significant increase in students learning motivation on the experimental group after applying the Think-Pair-Share Strategy. The average of pretest and posttest increases compared to that of control group. The conclusion is that Think-Pair-Share strategy enables to increase students learning motivation on civics subject.

INTISARI: Guru dalam proses pembelajaran memegang peranan yang sangat penting terhadap berhasil atau tidaknya program pembelajaran. Antara guru dan siswa harus terjalin suatu kerjasama yang baik. Dengan adanya kerjasama yang baik, dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan baik dari guru maupun dari siswa. Permasalahan yang sering dihadapi pada saat proses pembelajaran adalah kurangnya motivasi belajar siswa. Hal ini dikarenakan siswa menganggap pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan adalah pelajaran hafalan dan materinya sudah ada di buku/modul, kurangnya perhatian dan keaktifan siswa pada saat pembelajaran, serta kurangnya keberanian siswa untuk mengemukakan pendapatnya dihadapan teman-temannya. Sehingga guru perlu mengupayakan sebuah strategi yang dapat mengaktifkan dan memotivasi siswa dalam proses belajar mengajar. Salah satu strategi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan motivasi siswa adalah strategi Think-Pair-Share. Dalam strategi ini, siswa diajak untuk berpikir, berpasangan dan berbagi dalam menyelesaikan masalah yang ada. Sehingga Strategi ini dapat menjadi salah satu solusi untuk menjadikan pembelajaran lebih efektif dan menyenangkan terutama pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa setelah penerapan strategi Think-Pair-Share pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMK N 4 Yogyakarta. Metode penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain eksperimen ulang non random (non randomized pretest posttest control group design), dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas XI Boga 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI Boga 2 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan kuestioner kepada kedua kelompok sebelum dan setelah tindakan untuk melihat apakah ada perbedaan peningkatan motivasi belajar siswa di kedua kelas tersebut. analisis data dilakukan secara kuantitatif, karena pendekatan yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan yang signifikan skor motivasi belajar siswa pada kelompok eksperimen setelah penerapan strategi think-pair-share dilihat dari jumlah nilai rata-rata posttest – pretest kelompok eksperimen dan nilai rata-rata posttest - pretest kelompok kontrol,sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi Think-Pair-Share dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan