ANALISIS STRATEGI BERSAING PT GMF AEROASIA DALAM PASAR PERAWATAN PESAWAT UDARA DOMESTIK


ABSTRACT: PT GMF AeroAsia which established in 2002 is the largest MRO (Maintenance, Repair and Overhaul) enterprise in Indonesia. The rapid growth of Indonesian airline industry gives an opportunity for PT GMF AeroAsia to increase revenue due to expansion of domestic’s MRO market volume. On order to anticipate the market growth and increase its market share, PT GMF Aeroasia needs to develop a right business strategy. This research was conducted by analyzing company internal and external environment to gain the enterprise’s strengths, weaknesses, opportunities and threats. By using SWOT analysis matrix, we can define some strategies that can be used in domestic aircraft maintenance market. The result shows that PT GMF Aeroasia have substantial opportunities in domestic market and strong internal conditions. Some business strategies that can be used by PT GMF AeroAsia is differentiation, intensive market penetration, backward integration and conduct partnerships through joint ventures or alliances.

INTISARI: MRO (Maintenance, Repair and Overhaul) terbesar di Indonesia. Pertumbuhan pesat dari industri penerbangan Indonesia menyebabkan volume pasar perawatan pesawat udara domestik semakin tinggi sehingga memberi peluang bagi PT GMF Aeroasia untuk meningkatkan pendapatan. Untuk mengantisipasi pertumbuhan pasar dan meningkatkan pangsa pasar perusahaan, perlu dipersiapkan langkah strategi bisnis yang tepat. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal perusahaan sehingga dapat diketahui faktor kekuatan dan kelemahan perusahaan serta faktor peluang dan ancaman bagi PT GMF Aeroasia. Dengan menggunakan matriks analisis SWOT, dapat diketahui alternatif strategi yang dapat dipilih perusahaan dalam pasar perawatan pesawat udara domestik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan memiliki peluang yang cukup besar dalam pasar serta memiliki kondisi internal yang cukup kuat dalam pasar perawatan pesawat udara domestik. Alternatif strategi bisnis yang dapat digunakan oleh PT GMF Aeroasia adalah melakukan differensiasi produk, penetrasi pasar yang lebih intensif, melakukan integrasi ke belakang dan melakukan partnership lewat joint venture atau aliansi.