ABSTRACT: PT GMF AeroAsia which established in 2002 is the largest MRO
(Maintenance, Repair and Overhaul) enterprise in Indonesia. The rapid growth of
Indonesian airline industry gives an opportunity for PT GMF AeroAsia to
increase revenue due to expansion of domestic’s MRO market volume. On order
to anticipate the market growth and increase its market share, PT GMF Aeroasia
needs to develop a right business strategy.
This research was conducted by analyzing company internal and external
environment to gain the enterprise’s strengths, weaknesses, opportunities and
threats. By using SWOT analysis matrix, we can define some strategies that can
be used in domestic aircraft maintenance market.
The result shows that PT GMF Aeroasia have substantial opportunities in
domestic market and strong internal conditions. Some business strategies that can
be used by PT GMF AeroAsia is differentiation, intensive market penetration,
backward integration and conduct partnerships through joint ventures or alliances.
INTISARI: MRO (Maintenance, Repair and Overhaul) terbesar di Indonesia. Pertumbuhan
pesat dari industri penerbangan Indonesia menyebabkan volume pasar perawatan
pesawat udara domestik semakin tinggi sehingga memberi peluang bagi PT GMF
Aeroasia untuk meningkatkan pendapatan. Untuk mengantisipasi pertumbuhan
pasar dan meningkatkan pangsa pasar perusahaan, perlu dipersiapkan langkah
strategi bisnis yang tepat.
Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis faktor-faktor lingkungan
internal dan eksternal perusahaan sehingga dapat diketahui faktor kekuatan dan
kelemahan perusahaan serta faktor peluang dan ancaman bagi PT GMF Aeroasia.
Dengan menggunakan matriks analisis SWOT, dapat diketahui alternatif strategi
yang dapat dipilih perusahaan dalam pasar perawatan pesawat udara domestik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan memiliki peluang yang
cukup besar dalam pasar serta memiliki kondisi internal yang cukup kuat dalam
pasar perawatan pesawat udara domestik. Alternatif strategi bisnis yang dapat
digunakan oleh PT GMF Aeroasia adalah melakukan differensiasi produk,
penetrasi pasar yang lebih intensif, melakukan integrasi ke belakang dan
melakukan partnership lewat joint venture atau aliansi.