STUDI TENTANG KUALITAS PELAYANAN PUBLIK (Studi Kasus KTP di Kota Bekasi)


Oleh: Tri Rustiana Harahap
ABSTRAK
Penelitian dengan judul Studi tentang Kualitas Pelayanan Publik (Studi Kasus KTP di Kota Bekasi) bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kualitas pelayanan KTP yang dilaksanakan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bekasi, serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kualitas pelayanan tersebut. 
Kualitas pelayanan KTP akan diukur melalui 5 (lima) dimensi yakni Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Emphaty. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan yaitu: sumber daya manusia pegawai (jumlah pegawai, tingkat pendidikan/ketrampilan dan lamanya bekerja di Kantor Kependudukan)  serta koordinasi antar instansi terkait (dengan Kecamatan dan Kelurahan). Data dikumpulkan melalui studi kepustakaan, observasi dan wawancara,  kemudian dianalisis secara kualitatif.
   
Kualitas pelayanan KTP dilihat dari  dimensi Tangibles, cukup memuaskan,  walaupun jumlah komputernya masih kurang memadai. Dilihat dari dimensi Reliability ternyata kurang memuaskan, sebagian besar responden mengatakan bahwa penyelesaian KTP belum sesuai dengan waktu yang telah dijanjikan. Dilihat dari dimensi Responsiveness hasilnya juga kura ng memadai karena ketanggapan terhadap  kesalahan cetak dan data memerlukan waktu yang cukup lama. Apabila dilihat dari dimensi Assurance, hasilnya cukup memuaskan, masyarakat telah memperoleh informasi yang cukup. Dilihat dari dimensi Emphaty ternyata hasilnya kurang memadai, karena masih membedakan  antar golongan. Dari faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kualitas pelayanan KTP seperti sumberdaya manusia pegawai yakni jumlah pegawai yang mencukupi, tetapi keterampilan dan pengalaman bekerja kurang mendukung, hal ini dibuktikan dengan pegawai yang telah mengikuti kursus kependudukan ataupun komputer tetapi dipindahkan ke tempat lain, dan sebagian besar pegawai/pejabat masih mempunyai masa kerja di bawah 1 (satu) tahun akibat sering terjadinya mutasi pegawai. Sedangkan koordinasi antar instansi terkait sangat positif dalam rangka mempermudah masyarakat dalam pelayanan KTP.   
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan KTP di Kota Bekasi secara keseluruhan belum memuaskan masyarakat. Untuk itu disarankan agar segera diadakan perbaikan-perbaikan terhadap kelemahan yang masih dialami.


 ABSTRACT
The purpose of this research which have  a title of Study about Public Service Quality (Case Study of Identity Card in Bekasi  City), is in order to know about service quality of Identity Card that be  implemented by Civil Note and Population Affairs of Bekasi City and what factors that influence such service quality. 
Service quality of Identity Card will be measured through 5 (five) dimensions namely Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance and Emphaty. Meanwhile the factor which influence service quality namely employee human resources (amount of employee level of education/skill and the experience of time in working in Vital Statistics and Population Affairs of Bekasi City and  coordination inter related institution (with Kecamatan and Kelurahan) . Data that be collected through library study, observation and interview and th en be analyzed qualitatively.  
  
Service quality of Identity Card be looked from dimension of tangibles is satisfactory enough even though amount of its computer still no feasible yet. If be looked from dimension of Reliability, it is not  satisfactory yet, a bi g part of respondent say whereas the finishing of Id entity Card is not on time ye t that have been promised. If be looked from dimension of Responsiveness, its result also not feasible yet because the opinion for the mistake of print or data needs long enough time. If be looked from dimension of Assurance, it is satisfactory enough result people have been get enough information. If be looked from dimension of Emphaty, in the fact it is not satisfactory yet, because there is so many differentiation between the classification. From the factor that influence to service quality of Identity Card such as human resources of employee namely the amount of employee which is enough, but skill and experience of job are not supported yet. This matter be proved by the employee who have been participate in population course also computer but be replaced to other place, a big part of employee/official still have job experience under 1 (one) year, it is because of the mutation that too often. Meanwhile coordination inter related institution is very positive in order to make easy the people in service of Identity Card. 
It is true that, it can be concluded whereas service quality of Identity Card in Bekasi City entirely is not satisfactory yet for the people.  It is the suggestion for it in order that it needs the repairs to the weakness that still be faced. 

DAFTAR ISI
BAB  I    PENDAHULUAN 
A.   Latar Belakang Masalah 
B.   Perumusan Masalah 
C.   Tujuan Penelitian 
D.   Manfaat Penelitian 
E.   Sistematika Penulisan 
BAB II  TINJAUAN PUSTAKA 
A.   Kualitas Pelayanan Publik 
B.   Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Publik 
C.   Kerangka Pemikiran 
BAB III  METODOLOGI PENELITIAN 
A.   Metode Penelitian 
B.   Variabel Penelitian 
C.   Definisi  Konsep  dan  Operasional  Variabel-variablel Penelitian 
D.   Unit Analisis 
E.   Teknik Pengumpulan Data 
F.   Teknik Analisa Data 
BAB IV  DESKRIPSI DAERAH PENELITIAN 
A.  Letak, Luas dan Batas Wilayah Kota Bekasi
B.  Landasan Hukum Penyelenggaraan Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bekasi
C. Tugas Pokok dan Fungsi serta Susunan Organisasi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bekasi 
D. Wilayah Administratif Pelayanan Kependudukan dan Catatan Sipil di Kota Bekasi
E.  Personel Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bekasi     
F.  Persyaratan dan Prosedur Penerbitan KTP 
BAB  V  ANALISIS DAN INTERPRETASI DATA 
A.   Kualitas Pelayanan KTP 
B.   Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan KTP          
BAB VI  PENUTUP 
A.   Kesimpulan 
B.   Saran 
DAFTAR PUSTAKA 
LAMPIRAN