APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) UNTUK PENGELOLAAN PERTAMBANGAN MINERAL DAN BATUBARA DI KABUPATEN BARITO UTARA PROPINSI KALIMANTAN TENGAH


Oleh: Dwi Rachmanto

ABSTRAK
Mineral dan batubara merupakan sumber daya alam yang menghasilkan banyak manfaat baik untuk kesejahteraan manusia, oleh karena itu dalam pengelolaannya perlu sebuah sistem teknologi informasi yang menjadi sarana penunjang untuk mengolah dan menyajikan informasi secara cepat, mudah dimengerti dan aplikatif. Salah satu dari sekian banyak jenis teknologi informasi yang berkembang dewasa ini adalah Sistem Informasi Geografis (SIG).

Tujuan dari penelitian ini adalah membantu instansi Pemerintah khususnya Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Barito Utara dalam mengakomodir serta mengelola  data pertambangan mineral dan batubara yang ada di Kabupaten Barito Utara agar dapat terkontrol dalam pemanfaatannya di masa sekarang dan akan datang dengan berwawasan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan yang disajikan dalam bentuk peta beserta atributnya, tabel, ataupun laporan.

Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu metode ruangan dan lapangan. Metoda dalam ruangan meliputi pengolahan data yang diperoleh dari data laporan perusahaan, laporan penyelidikan terdahulu mengenai adanya bahan galian di Kabupaten Barito Utara, data tata guna lahan, data konsesi pertambangan, peta topografi dan peta geologi sebagai data input, kemudian diolah di dalam SIG dengan salah satunya membuat Geodatabase data model. Sedangkan di luar ruangan/lapangan meliputi pengecekan lapangan dengan menggunakan GPS letak-letak obyek yang akan dimasukkan ke dalam software SIG Mapinfo yang bertujuan untuk mengecek kebenaran akurasi data yang ada pada Dinas Pertambangan dan energi Kabupaten Barito Utara.

Dalam pengolahan data, semua data yang ada dikumpulkan dan diseleksi dan dikelompokkan obyek mana yang saling berhubungan yang dimasukkan dalam Desain geodatabase model SIG. Setelah dikelompokkan didapat fitur kelas seperti area konsesi, peta geologi, sumberdaya, peta dasar dan peta tata guna lahan. Semua data diformat dalam bentuk UML (Unified Modelling Language) diagram yang terhubung langsung dengan komputerisasi. Setelah dibuat formatnya, kemudian memasukkan data-data ke dalam tabel yang telah diformat dalam diagram UML yang telah dapat  terpanggil oleh software Mapinfo. Peta-peta yang telah terkumpul kemudian dibuat visualisasinya per layer dan digabungkan dengan data atribut yang telah dimasukkan data-datanya.

Data-data yang telah dimasukan dalam database telah sesuai dan memenuhi syarat seperti amanat dari UU No. 4 tahun 2009 bahwa daerah wajib membuat informasi data geologi dan pertambangan untuk mendukung pengelolaan pertambangan mineral dan batubara khususnya di Kabupaten Barito Utara. Kesesuaian ini dapat dilihat dari pengelolaan database sampai dengan output peta produk yang dihasilkan yaitu salah satunya adalah Peta rencana wilayah usaha Pertambangan.

Dengan adanya pengelolaan database dan penggabungan data spasial dan atributnya, pengelolaan informasi pertambangan mineral dan batubara menjadi lebih cepat dan efektif karena telah ada dasar dalam pengambil keputusan yaitu berupa data peta, konsesi, sumberdaya, geologi dan administrasi yang dapat dipanggil setiap saat sesuai dengan kebutuhan. 
Kata kunci: SIG, geodatabase data model, Mapinfo 


ABSTRACT
Mineral And coal represent one of the natural resources yielding many benefit to human being prosperity, therefore in its management need a system of information Technology becoming supporter medium for the data process and present the information quickly, its easy to understood and applicative. One of the so much types of information technology expanding these days is Geographic Information Systems (GIS).

The aim of this research is assist the Governmental institution specially On Mining and Energy department of North Barito regency to accommodating and also manage the data mineral and coal of mining in North Barito regency so that to be can be controlled at its exploiting in a period of now and will come with vision of environment and Development have continuation to which is later presented by a greeting form the map along with its attribute, Tables and report.

This method Research is method of room and field. Method in room cover the data processing obtained from data of company report, former investigation report the existence  of dig materials in North Barito regency, data arrange to utilize the farm, data of mining concession, map of topography and geology map as input data, and then processed in GIS  the other one is make the Geodatabase data model. While outside  room/  field  cover  the  field  checking  by using  GPS  of  situation  obyek  to be entered  into  GIS  software  MapInfo  with  aim  to  cross-check  the  truth  of  data accuration at duty Mining and energy Department of North Barito regency. In data processing, all collected existing data and selection grouped by which object is  interaction  which  later  will  be  included  for  the  Design of geodatabase model the SIG. After  grouped  to  be  got  by fitur  class  like  concession area,  geology map, resources,  elementary  map  and  map  arrange  to  utilize  the  farm.  All format data  in  the  form of UML  (Unified  Modeling  Language)  diagram  which is direct in circuit with the computerization. After made by its format, later; then enter/include the data into format tables which have in diagram UML which have earned called by software mapinfo.  Map  which  have  been  gathered  is  later  then  made  by  its visualization  layer  coupled  with by attribute data which  have  been  included by its datas.

Input  data  which  have  in  database  according  to  and  up  to  standard  like commendation from the laws of number 4 year 2009 that area is obliged to make the information  of  data  of  geology  and  mining  to  support  the  management  of  mining mineral and coal specially in of North Barito regency. According to this visible from database management of up to output of product map yielded that is one of them is regional plan Map is effort Mining. With  the  existence of management of  database  and  merger  of  data spatial and  its  attribute,  management  of  information  of  mining  mineral  and  coal  become effective  and  quicker  because there have elementary in  decision  taker  that  is  in  the form  of  map  data,  concession, resources,  geology and  administration  able  to  be called by each every moment as according to requirement.

Keyword: GIS, Geodatabase Data Model, MapInfo


BAB I  PENDAHULUAN
  1.1 Latar Belakang
  1.2 Perumusan Masalah
  1.3 Keaslian Penelitian
  1.4 Batasan Masalah
  1.5 Manfaat Penelitian
  1.6 Tujuan Penelitian
BAB II  TINJAUAN PUSTAKA
  2.1 Studi Pustaka
  2.1.1 Gambaran Umum Kabupaten Barito Utara
  2.1.2 Geologi Regional
  2.1.2.1 Fisiografi Regional
  2.1.2.2 Stratigrafi Regional
  2.1.2.3 Struktur Geologi Regional
  2.1.3 Topografi
  2.1.4 Iklim dan Hidrologi
  2.1.5 Tinjauan Umum Pengelolaan Pertambangan
2.1.6 Tinjauan Umum Sistem Informasi Geografis
2.2 Landasan Teori
  2.2.1 Pengertian SIG
  2.2.2 Sub Sistem SIG
  2.2.3 Komponen SIG
  2.2.4 Model Data Spasial dalam SIG
  2.2.4.1 Model Data Vektor
  2.2.4.2 Model Data Raster
  2.2.5 Sumber Data Spasial
  2.2.6 Kualitas Data Spasial
  2.2.6.1 Komponen Level Mikro
  2.2.6.2 Komponen Level Makro
  2.2.6.3 Komponen Pemanfaatan
  2.2.7 Sumber Kesalahan dalam Penggunaan SIG
  2.2.8 Mengelola Data Spasial dan Atribut Secara Bersama
  2.2.8.1 Mengelola Informasi Geografis dalam DBMS
  2.2.8.2 Mengelola DBMS yang diterapkan dalam SIG
  2.2.9 Analisis Terpadu Data Spasial dan Atribut dalam SIG
  2.2.10. Pemenuhan Model Data
  2.2.11 Geodatabase Data Model SIG dengan UML Diagram
  2.3 Hipotesis
BAB III  METODE PENELITIAN
  3.1 Studi Pustaka
  3.2 Metode Penelitian Lapangan
  3.3 Metode Penelitian Ruangan
  3.3.1 Pengumpulan Data
  3.3.2 Proses Pengolahan Data
  3.3.3 Output Data
BAB IV  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
  4.1 Hasil Penelitian Lapangan
  4.2 Hasil Penelitian Ruangan
4.2.1 Pembuatan Model Geodatabase Data Model SIG
    4.2.2 Penggabungan Data Spasial dan Non Spasial dalam SIG 
    4.4.2.1 Area Konsesi
    4.4.2.2 Sumberdaya
    4.4.2.3 Geologi
    4.4.2.4 Peta Dasar
    4.4.2.5 Penggunaan Lahan
  4.3 Pembahasan Pengelolaan Pertambangan dengan Aplikasi SIG
BAB V  KESIMPULAN DAN SARAN
  5.1 Kesimpulan
  5.2 Saran
DAFTAR PUSTAKA