APLIKASI MODEL POLITOMI TEORI RESPON AITEM DALAM ANALISIS KARAKTERISTIK PSIKOMETRI PADA SKALA KESULITAN HUBUNGAN INTERPERSONAL REMAJA


Oleh: Sukaesi Marianti dan Sugiyanto
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik psikometri dari SKHIR (terjemahan Indonesia dari QIDA; Inglés, Méndez, & Hidalgo, 2000). SKHIR cocok untuk remaja berusia antara 12 sampai 18 tahun. Dalam penelitian ini SKHIR diberikan pada sampel yang terdiri dari 637 siswa SMA dan SMP. Dengan menggunakan  analisis faktor konfirmatori dan  korelasi aitem-total ditemukan bahwa 4 dari 40 aitem gugur, 36 aitem yang  tersisa dianalisis menggunakan model respon bertingkat untuk data politomi ordinal dan 6 aitem ditemukan sebagai aitem yang gugur. Hasil akhir menunjukkan bahwa 30 dari 40 aitem memiliki karakteristik psikometri yang baik. Disimpulkan bahwa 30 item SKHIR dapat dianjurkan untuk penggunaan lebih lanjut.
Kata Kunci : SKHIR, karakteristik psikometri, model respon bertingkat.


APPLYING ITEM RESPONSE THEORY POLYTOMOUS MODEL FOR PSYCHOMETRIC PROPERTIES ANALYSIS OF QUESTIONNAIRE ABOUT INTERPERSONAL DIFFICULTIES FOR ADOLESCENTS

ABSTRACT
The aim of this study was to analyze the psychometric properties of the SKHIR (the Indonesian translation of the QIDA; Inglés, Méndez, & Hidalgo, 2000). SKHIR is suitable for adolescents between the ages of 12 and 18 years old. In this study, SKHIR was administered to a sample of 637 middle and high school pupils. Using confirmatory factor analysis and item-total correlations we found evidence that 4 of 40 items were discarded from this study, 36 retaining items were analyzed by graded response model for ordered polytomous data and 6 items were found as discarded items. The final result indicated that 30 of 40 items had desirable psychometric properties. It is concluded that the SKHIR can be recommended for further use.
Keywords : SKHIR, psychometric properties, graded response model.

BAB I  PENGANTAR
A.    Latar Belakang Masalah
B.     Identifikasi Masalah
C.     Rumusan Masalah
D.    Tujuan Penelitian
E.     Keaslian Penelitian
F.      Manfaat Penelitian
BAB II  TINJAUAN PUSTAKA
Sejarah perkembangan
A.    Model Politomi Teori Respon Aitem.
1.    Sejarah Perkembangan
2.    Asumsi
3.    Model Ogif Normal dan Model Logistik
4.    Model-Model Politomi
5.    Kecocokan Model
6.    Estimasi Parameter
7.    Fungsi Informasi
B.     Penterjemahan
1. Metode Evaluasi Kualitas terjemahan
C.     Questionnaire about Interpersonal Difficulties for Adolescents
1.    Sejarah Perkembangan
2.    Materi QIDA
3.    Cara Pemberian Skor
4.    Skala Kesulitan Hubungan Interpersonal Remaja
D.    Analisis Karakteristik Psikometri pada Skala dengan Menggunakan Teori Respon Aitem
E.     Hipotesis
BAB III METODE
A.    Subyek
B.     Persiapan dan Pelaksanaan Penelitian
1.    Persiapan Skala
2.    Persiapan Izin Penelitian
3.    Pelaksanaan Penelitian
C.     Program Komputer yang Digunakan
D.    Analisis Data
1.    Analisis Korelasi Aitem-Total
2.    Analisis Faktor Konfirmatori
3.    Analisis Model Respon Bertingkat
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
A.    Deskripsi Hasil
1.    Analisis Aitem Menggunakan Teori Tes Klasik
2.    Analisis Aitem Menggunakan Teori Respon Aitem
B.     Pembahasan
1.    Analisis Unidimensionalitas dan Kecocokan Model Teori Respon Aitem
2.    Evaluasi SKHIR dengan Model 5 Faktor
3.    Parameter Daya Beda Aitem
4.    Parameter Lokasi Aitem
5.    Fungsi Informasi
6.    Aitem-Aitem SKHIR yang Gugur
7.    Aitem-Aitem SKHIR yang Diterima
BAB V  KESIMPULAN DAN SARAN
A.    Kesimpulan
B.     Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN