Oleh: Sukaesi Marianti dan Sugiyanto
ABSTRAK
Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik psikometri dari
SKHIR (terjemahan Indonesia dari QIDA; Inglés, Méndez, & Hidalgo, 2000). SKHIR
cocok untuk remaja berusia antara 12 sampai 18 tahun. Dalam penelitian ini
SKHIR diberikan pada sampel yang terdiri dari 637 siswa SMA dan SMP. Dengan
menggunakan analisis faktor konfirmatori
dan korelasi aitem-total ditemukan bahwa
4 dari 40 aitem gugur, 36 aitem yang
tersisa dianalisis menggunakan model respon bertingkat untuk data
politomi ordinal dan 6 aitem ditemukan sebagai aitem yang gugur. Hasil akhir
menunjukkan bahwa 30 dari 40 aitem memiliki karakteristik psikometri yang baik.
Disimpulkan bahwa 30 item SKHIR dapat dianjurkan untuk penggunaan lebih lanjut.
Kata
Kunci : SKHIR, karakteristik psikometri, model respon bertingkat.
APPLYING ITEM RESPONSE THEORY POLYTOMOUS MODEL FOR PSYCHOMETRIC
PROPERTIES ANALYSIS OF QUESTIONNAIRE ABOUT INTERPERSONAL DIFFICULTIES FOR
ADOLESCENTS
ABSTRACT
The
aim of this study was to analyze the psychometric properties of the SKHIR (the
Indonesian translation of the QIDA; Inglés, Méndez, & Hidalgo, 2000). SKHIR
is suitable for adolescents between the ages of 12 and 18 years old. In this
study, SKHIR was administered to a sample of 637 middle and high school pupils.
Using confirmatory factor analysis and item-total correlations we found evidence
that 4 of 40 items were discarded from this study, 36 retaining items were
analyzed by graded response model for ordered polytomous data and 6 items were
found as discarded items. The final result indicated that 30 of 40 items had desirable
psychometric properties. It is concluded that the SKHIR can be recommended for
further use.
Keywords
: SKHIR, psychometric properties, graded response model.
BAB I PENGANTAR
A.
Latar
Belakang Masalah
B.
Identifikasi
Masalah
C.
Rumusan
Masalah
D.
Tujuan
Penelitian
E.
Keaslian
Penelitian
F.
Manfaat
Penelitian
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
Sejarah
perkembangan
A.
Model
Politomi Teori Respon Aitem.
1.
Sejarah
Perkembangan
2.
Asumsi
3.
Model
Ogif Normal dan Model Logistik
4.
Model-Model
Politomi
5.
Kecocokan
Model
6.
Estimasi
Parameter
7.
Fungsi
Informasi
B.
Penterjemahan
1. Metode
Evaluasi Kualitas terjemahan
C.
Questionnaire
about Interpersonal Difficulties for Adolescents
1.
Sejarah
Perkembangan
2.
Materi
QIDA
3.
Cara
Pemberian Skor
4.
Skala
Kesulitan Hubungan Interpersonal Remaja
D.
Analisis
Karakteristik Psikometri pada Skala dengan Menggunakan Teori Respon Aitem
E.
Hipotesis
BAB III METODE
A.
Subyek
B.
Persiapan
dan Pelaksanaan Penelitian
1.
Persiapan
Skala
2.
Persiapan
Izin Penelitian
3.
Pelaksanaan
Penelitian
C.
Program
Komputer yang Digunakan
D.
Analisis
Data
1.
Analisis
Korelasi Aitem-Total
2.
Analisis
Faktor Konfirmatori
3.
Analisis
Model Respon Bertingkat
BAB IV HASIL DAN
PEMBAHASAN
A.
Deskripsi
Hasil
1.
Analisis
Aitem Menggunakan Teori Tes Klasik
2.
Analisis
Aitem Menggunakan Teori Respon Aitem
B.
Pembahasan
1.
Analisis
Unidimensionalitas dan Kecocokan Model Teori Respon Aitem
2.
Evaluasi
SKHIR dengan Model 5 Faktor
3.
Parameter
Daya Beda Aitem
4.
Parameter
Lokasi Aitem
5.
Fungsi
Informasi
6.
Aitem-Aitem
SKHIR yang Gugur
7.
Aitem-Aitem
SKHIR yang Diterima
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A.
Kesimpulan
B.
Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN