HUMANISME DALAM SERAT KALATIDHA

INTI SARI

Penelitian yang berjudul  Humanisme Dalam Serat Kala tidha, Suatu Pendekatan Filsafati ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan adanya ajaran humanisme yang terkandung di dalam serat Kalatidha, karya R. Ng. Ronggowarsita.  Hipotesis yang diajukan adalah : (1) Ada ajaran humanisme yang terkandung di dalam
serat Kalatidha,  yang mengajarkan untuk kesejahteraan dan kebahagiaan hidup manusia. (2)  Masih ada relevansi ajaran humanisme dalam serat Kalatidha dengan kehidupan manusia saat ini, khususnya masyarakat orang Jawa, terutama pada masa globalisasi seperti sekarang ini. Dengan berdasarkan metode analisis hermeneutic filosofis, beserta unsur-unsurnya,  deskripsi dan interpretasi, penelitian ini dapat mengambil kesimpulan hal-hal sebagai berikut.
1.  Ajaran humanisme dalam  serat Kalatidha bersifat mistik kebatinan, dan  mengajarkan tentang  masalah-masalah : Ke-Tuhanan, Kemanusiaan, dan masalah kebijaksanaan hidup, guna mencapai kebahagiaan dan kesejahteraan.  
2.  Masih ada relevansi ajaran humanisme dalam  serat Kalatidha  dengan kehidupan jaman sekarang, termasuk kehidupan pada masa globalisasi ini. Masa globalisasi yang ditandai dengan semakin maju dan berkembangnya ilmu dan teknologi, berdampak kepada pola kehidupan manusia yang bersifat konsumtif, realistic, pragmatic, dan mengarah kepada kehidupan yang liberalistik  individualistis, kurang memperhatikan norma-norma demokratis, social dan ajaran-ajaran moral dan keagamaan. Oleh karena itu perlu adanya usaha-usaha pengendalian, dengan menanamkan nilai nilai atau norma-norma kehidupan yang sesuai dengan ajaran kepribadiannya sendiri. Salah satunya  adalah serat Kalatidha yang sarat dengan ajaran-ajaran humanisme. Berdasarkan hasil kesimpulan tersebut, akhirnya disarankan bahwa perlu adanya revitalisasi (menghidupkan kembali) ajaran humanisme  dalam serat Kalatidha, guna dimanfaatkan sebagai pedoman atau pegangan hidup di dalam kehidupan, baik kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa, maupun bernegara.
Kata-kata kunci : Humanisme, Kalatidha.
 
http://www.4shared.com/office/SJk9corm/_0219-H-2006__HUMANISME_DALAM_.html