DINAMIKA PSIKOLOGIS RESILIENSI ASISTEN DOSEN DI UNIVERSITAS GADJAH MADA (Sebuah Studi Kasus)

INTISARI

Penelitian kualitatif dengan menggunaka n desain studi kasus ini bertujuan untuk mengetahui dinamika psikologis resilie nsi para asisten dosen yang bekerja di PT BHMN (Perguruan Tinggi  Badan Hukum Milik Negara). Asisten dosen tersebut juga disebut sebagai dosen kontrak. Mere ka bertugas mengajar atau memberikan perkuliahan dan diangkat oleh jurusan atau fakultasnya  dengan sistem kontrak. Para asisten dosen tersebut menghadapi berbag ai ancaman sehubungan dengan status yang  disandangnya. Ancaman-ancaman tersebut  antara lain adalah ketidak pastian diangkat menjadi PNS, ketidakpastian jenja ng karier struktural, dan ketidak pastian perpanjangan kontrak.  Hasil pr a-penelitian yang dilakukan oleh peneliti menemukan bahwa para asisten dosen tersebut melakukan berbagai aktivitas untuk menghadapi berbagai ketidak pastian.  Penelitian ini menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi, dan dokumentasi  email untuk mengumpulkan data dari empat responden. Responden dipilih dengan menggunakan teknik  purposive sampling . Data-data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode theoretical coding . Theoretical coding  tersebut terdiri dari koding terbuka ( open coding), koding aksial ( axial coding ), dan koding selektif ( selective coding ). Pemeriksaan data dalam penelitian ini didasarkan pada empat kriteria, yait u derajat kepercayaan atau kredibilitas ( credibility), keteralihan ( transferability ), kebergantungan ( dependability), dan kepastian atau konfirmabilitas ( confirmability ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa para asisten dosen melakukan berbagai pola adaptasi untuk menghadapi berbagai an caman. Adaptasi tersebut secara garis besar dapat dibedakan menjadi adaptasi  kognitif, adaptasi afektif, dan adaptasi perilaku. Mereka melakukan pola-pola adaptasi tersebut agar dapat bertahan menjadi asisten dosen. Hal ini mereka lakukan, karena mereka memiliki motivasi utama studi lanjut. Mereka memandang bahwa menjadi  asisten dosen akan mempermudah jalan untuk mendapatkan kesempatan studi lanjut. Motivasi utama tersebut diperkuat oleh adanya penghargaan terhadap pendidikan, ba ik dari responden sendiri maupun dari
keluarganya. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pola-pola adaptasi yang dilakukan para responden didukung oleh faktor  lain. Faktor-faktor tersebut adalah keterlibatan akademis dan pemberian kesempatan akademis. Kedua faktor tersebut menimbulkan komitmen organisasi dalam diri asisten dosen.  
 DOWNLOAD DISINI>>>http://www.mediafire.com/?yma88z3ekpetjbn