Pelatihan Efikasi Diri Untuk Menurunkan Kecemasan Pada Siswa-Siswi Yang Akan Menghadapi Ujian Akhir Nasional

Oleh: Siti Nurlaila

INTISARI
Penelitian bertujuan mengetahui apakah pelatihan efikasi diri dapat menurunkan kecemasan pada siswa yang akan menghadapi  Ujian Akhir Nasional. Partisipan  dalam penelitian berjumlah 20 orang, yang dibagi dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Karakteristik partisipan yang digunakan dalam penelitian adalah siswa-siswi kelas 3 SMA baik laki-laki maupun perempuan yang cemas dalam menghadapi UAN dengan rentang usia 16-18 tahun. Hipotesa penelitian yaitu ada perbedaan kecemasan menghadapi ujian akhir nasional antara siswa-siswi yang mendapatkan pelatihan efikasi diri dibandingkan dengan siswa-siswi yang tidak mendapatkan pelatihan efikasi diri. Pengukuran kecemasan dilakukan dengan menggunakan skala kecemasan menghadapi UAN. Hasil penelitian dengan analisa uji t menunjukkan bahwa ada perbedaan  gain score 17,5 dengan signifikansi 0,000 (p<0,01) yang menunjukkan bahwa siswa yang mendapat pelatihan efikasi diri secara signifikan menunjukkan ada penurunan kecemasan dalam menghadapi Ujian Akhir Nasional.
Kata kunci : efikasi diri, kecemasan menghadapi ujian

 ABSTRACT
The aim of the research is to know whether self-efficacy training can decrease students’ anxiety who will face national final exam.  The research which is divided into two groups, experiment group and control group, involves twenty participants. The characteristics  of the participants in the research are the third grade of senior high school students aged 16-18 both male and female who feel anxious in dealing with national final exam.  The Hypothesis of this research  is differantces anxiety between students who will f ace national exam provided with  self efficacy training compared to those that has not been provided with the self efficacy training. The measurement of anxiety is done by using anxiety scale in dealing with national final exam. Results showed that there was difference in the average gain score of  17.5 with a significance level of 0.000 (p<0.05), indicating that students provided with self efficacy training significantly show improved anxiety national final exam.
Key words: self efficacy, anxiety national final exam