ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana hubungan antara gaya
belajar yang meliputi: gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik dengan
prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas II MTsN Yogyakarta I.Populasi penelitian ini adalah siswa
kelas II MTsN Yogyakarta I tahun pelajaran 2005/2006 sebanyak 188 siswa.
Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik random sampling atau sampel acak.
Ukuran sampel sebagaimana ditentukan oleh Suharsimi Arikunto, maka jumlah sampel
yang diambil sebanyak 94 siswa atau 50% daari jumlah populasi. Pengumpulan data
dilakukan dengan mengadakan observasi, interview, dokumentasi dan angket.
Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis
validitas menunjukkan dari 30 butir angket terdapat 27 butir terbukti valid,
sedangkan hasil analisis reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas >
0,6 dan dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi analisis korelasi dan
regresi ganda.
Hasil penelitian menunjukan: 1) Ada
hubungan positif dan signifikan antara gaya belajar visual dengan prestasi
belajar bahasa Arab. Hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi parsial
sebesar 0,407 yang lebih besar dari harga r tabel sebesar 0,207. 2) Ada
hubungan positif dan signifikan antara gaya belajar auditorial dengan prestasi
belajar bahasa Arab. Hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi parsial
sebesar 0,378 yang lebih besar dari harga r tabel yaitu 0,207. 3) Ada hubungan
positif dan signifikan antara gaya belajar kinestetik dengan prestasi belajar
bahasa Arab. Hal ini ditunjukkan oleh harga koefisien korelasi parsial sebesar
0,387 yang lebih besar dari harga r tabel yaitu 0,207. 4) Ada hubunganpositif
dan signifikan antara gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik secara
bersama-sama dengan prestasi belajar bahasa Arab. Hal ini ditunjukkan oleh
hasil uji signifikansi dengan nilai F hitung sebesar 16, 095 lebih besar dari
harga F tabel sebesar 2,706. Dari sini dapat disimpulkan bahwa semakin tepat
siswa kelas II MTsN Yogyakarta I dalam menggunakan gaya belajar visual,
auditorial dan kinestetik maka akan semakin tinggi pula prestasi belajar bahasa
Arab mereka.
DOWNLOAD PDF