PERAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEPEMIMPINAN (DIKLATPIM) TINGKAT IV DALAM MENCIPTAKAN SDM BERKUALITAS (STUDY DI KEDEPUTIAN BIDANG PENGKAJIAN STRATEGIK LEMBAGA KETAHANAN NASIONAL RI)


ABSTRACT: This research is done to know the ability of the steadiness and understanding of Diklatpim level IV Badiklat Defense Ministry to create civil worker in a good government administration defense in the nasional defense institation and its influense to the society in general, also its implication to the nasional defence.This research is done by qualitative method by collecting data through deep interview with the respondent and continued by sorting the data. The improvement and development of working can not be separated from working disipline, because the connection of working-working dicipline level is very close with working productivity,and if the workerds working dicipline is low,it will give influence into low human resourse too. From the achievement of workers, they succestor failure to reach the organisation goal will beseen. Where to start, and the influence factors of the working area, is classified in to three parts, i.e. organization problem, discipline and working atmosphere. Strategy improvement of working disipline to increase human resources cover are first, improve motivation, second, increase the members wealth, third, member statement to be ready to work, fourth, thightly supervision. Objective condition of workers and working productivity from the research result can be said is still low, and that Diklatpim IV is influenced much by dicipline level,so the strategy to increase the understanding diklatpim level IV Badiklat Defence Ministry used to create civil worker in a good Defence Ministry environment, is headed key word : Diklapim level IV, the ability to create civil worker, National Defence
INTISARI: Pegawai Negeri Sipil yang meurpakan asset terpenting bagi pemerintah, agar dapat berfungsi dengan baik, perlu diberikan kesempatan untuk berkembang, karena pada kenyataannya selama ini banyak unit organisasi pemerintahan yang belum melaksanakan pengembangan pegawai secara baik. Hal ini terindikasi dari belum terlaksananya tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan dengan baik. Lembaga Ketahanan Nasional sebagai Lembaga Pemerintah Non Departemen yang mempunyai tugas utama melaksanakan tugas pemerintahan di bidang Pengkajian dan Pendidikan Strategik Ketahanan Nasional. Untuk pengembangan Pegawai negeri Sipil di lingkungan kedeputian Bidang Pengkajian Strategik Lemhannas RI dalam membentuk SDM yang berkualitas yang memiliki : profesionalitas, dan memiliki semangat jiwa kejuangan yang dimiliki oleh organisasi. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan PNS melalui Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV untuk Pejabat yang duduk dalam struktural Eselon IV, yang merupakan ujung tombak dalam melayanimasyarakat. Konsep kunci dalam penelitian ini adalah Peran Diklatpim Tingkat IV Dalam Rangka Menciptakan SDM yang Berkualitas Pada Deputi Bidang Pengkajian Strategik Lemhannas RI. Adapun aspek-aspek yang akan diteliti dan dapat diukur adalah : Pendidikan dan Pelathan Kepemimpinan Tinngkat IV, adapun sub-sub aspek yang diteliti adalah : 1. Kehadiran pegawai, dengan sub aspek : a. Ketaatan terhadap ketentuan jam kerja b. Ketaatan terhadap ketentuan waktu datang c. Ketaatan terhadap ketentuan waktu pulang 2. Pengawasan Pimpinan 3. Penjatuhan Sanksi/HukumanDisiplin 4. Kualitas Kinerja yang dihasilkan oleh PNS yang telah mengikuti Diklatpim Tingkat IV 5. Proses rekruitmennya apakah sudah terencana dan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki peserta Diklat Penelitian ini dilakukan dnegan menggunakan Metode Penelitian Kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara Wawancara, telaah dokumen dan menggunakan chek list. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran Diklatpim Tingkat IV Dalam Rangka Menciptakan SDM yang Berkualitas pada Kedeputian Bidang pengkajian Strategik Lemhannas RI cukup baik, maka untuk mencapai yang lebih baik, disarankan untuk Pimpinan Deputi Bidang Pengkajian Strategik Lemhannas RI betul-betul mengusulkan Personil yang berprestasi kepada bagian Kepegawaian untuk mengikuti Diklatpim secara berkesinambungan. Hal ini dikarenakan kurangnya perencanaan pelaksanaan program Diklatpim Tingkat IV maupun kurangnya koordinasi dan sinergitas antara pihak Kepegawaian Lemhannas RI dengan pihak penyelenggara program Diklat seperti : Kementerian Pertahanan, LAN, Kementerian Agama, dan penyelenggara program diklat lainnya.