KOMPETENSI GURU MENGIMPLEMENTASIKAN THE ANTI BULLYING AND TEASING PROGRAM FOR PRESCHOOL CLASSROOM COMMUNITY THEME


INTISARI
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh pelatihan The Anti Bullying and Teasing Program for PreschoolClassroom Community Themeuntuk meningkatkan kompetensi Guru mengimplementasikan program. Seluruh Guru di salah satu Taman Kanak-kanak di Sleman akan dilibatkan dalam penelitian ini. Kriteria Guru yang akan dilibatkan adalah menyetujui secara tertulis untuk melaksanakan keseluruhan rangkaian program, serta menyetujui secara tertulis untuk tidak menerapkan program lain yang sejenis di kelas mereka. Penelitian ini menggunakan one-group pretest-posttest design. Kompetensi Guru dalam mengimplementasikan program akan dibandingkan sebelum dan sesudah pelatihan.Knowledge Guru terhadap program diukur menggunakan skala, sedangkan  performance  Guru diukur melalui observasi perilaku. Performance Guru dalam menerapkan prosedur aktivitas juga akan dilihat pada proses monitoring selama pelaksanaan aktivitas di kelas beserta skala adherence. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan kompetensi Guru dalam mengimplementasikan program pada saat sebelum dan sesudah pelatihan.

Kata Kunci : Program The Anti-Bullying And Teasing, Kompetensi guru mengimplementasikan program, Taman Kanak-kanak
Kesimpulan
PelatihanThe Anti Bullying and Teasing Program for Preschool Classroom: Community Thememenimbulkan perubahan terhadap kompetensi Guru dalam mengimplementasikan program tersebut. Hal ini terlihat pada adanya perubahan pada kompetensi kriteria knowledge, yaitu adanya perubahan skor pengetahuan dan pemahaman guru mengenai program. Adanya perubahan pada kompetensi guru kriteria performance juga semakin mendukung hasil yang didapatkan. Keterampilan Guru dalam mengimplementasikan program berubah meningkat dari saat sebelum pelatihan ke saat sesudah pelatihan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan adanya pelatihan tersebut, Guru siap dan memiliki kompetensi untuk mengimplementasikan program.

Saran
Modul Pelatihan The Anti Bullying and Teasing Program for Preschool Classroom Community Themetelah terbukti mampu berkontribusi untuk meningkatkan kompetensi Guru dalam mengimplementasikan program. Modul pelatihan ini dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman Guru mengenai bullying, apa saja strategi-strategi penanganannya di kelas serta aktivitas-aktivitas yang dapat diterapkan untuk menciptakan kelas yang peduli, kekeluargaan dan bebas dari bullying. Namun demikian, penelitian ini memiliki kelemahan dari segi metodologi penelitian yang dapat berpengaruh pada generalisasi hasil penelitian. Oleh karena itu perlu adanya pengembangan program dan penelitian lebih lanjut agar modul ini dapat dipergunakan secara luas. Peneliti selanjutnya disarankan untuk memperbanyak jumlah subjek, menggunakan kelompok kontrol dan menggunakan follow-up yang terukur. Selain itu, modul pembekalan perlu dilengkapi dengan role-play untuk meningkatkan keterampilan dalam melaksakan program.Dengan demikian, diharapkan program pembekalan dapat diharapkan untuk memberikan hasil yang lebih baik dalam meningkatkan kompetensi Guru dalam mengimplementasikan program.
FILE LENGKAP Download DI SINI