AGAMA-AGAMA BESAR DUNIA

AGAMA HINDU
Dari seluruh agama yang masih hidup mungkin agama Hinduyang tertua. Agama ini adalah sinkretisme yang dibentuk dari kompromi antara berbagai jenis agama dan kebudayaan di anak benua India. Dua aliran agama yang bercampur dalam agama Hindu, yakni Dravida dan Indo-Aria
AGAMA BANGSA DRAVIDA
Bangsa Dravida telah mencapai tingkat kebudayaan yang sangat tinggi jauh sebelum munculnya bangsa Aria di anak benua Indo-Pakistan. Ada bukti seja rah bahwa pada tahun 2500 sM peradaban di lembah sungai Indus telah dibangun bangsa Dravida dan sudah cukup maju di negeri yang sekarang disebut Pakistan. Mereka berbudaya petani serta mahir baca tulis, menggunakan tembaga, dan perunggu, tetapi belum memakai besi dalam persenjataan, serta mempunyai hubungan dagang pada waktu-waktu tertentu dengan Sumeria dan Akkad. Reruntuhan dari dua ibukota kembarnya, yakni Harappa  di Utara dan Mohenjo Daro di Selatan dilandasi dengan rancangan bangunan yang sama dan ini menyajikan bukti tentang masyarakat yang sangat terorganisir dan ber-kembang dibawah suatu sistem pemerintahan yang kuat dan terpusat. Mereka menghasilkan juga beberapa karya seni dan kerajinan yang menakjubkan.
http://www.4shared.com/office/pZezHrie/HINDU.html


AGAMA BUDHA
Dalam bab agama Hindu kita mencoba menggambarkan dua gerakan yang patut dicatat – para  rishi Upanishad dan Sri Krishna –yang bangkit di India melawan politeisme Brahmana dan ritualisme. Betapa pun mereka akhirnya terserap dalam agama Hindu dan ciri mereka yang khas  lenyap karena kompromi dengan sistem yang ditentang oleh mereka. Agama Buddha adalah revolusi yang lain lagi terhadap agama Brahmana, dan gerakan besar ini tidak dapat bercampur lagi dengan agama Hindu. Buddha bukanlah suatu agama yang berbeda, melainkan suatu sistem yang positif. Namun demikian, setelah suatu masa sukses dan popularitas yang luas, agama ini terasing dari tanah kelahirannya oleh agama Hindu yang dibangkitkan lagi. Tetapi se belum hal itu terjadi, agama Buddha telah tersebar ke berbagai negeri di luar India dan menjadi satu dari agama dunia yang besar.
http://www.4shared.com/office/9uj5Msqv/BUDHA.html


http://www.4shared.com/office/-XITaE9l/YAHUDI.html

http://www.4shared.com/office/aKBlY3uO/TAO.html




AGAMA SIKH
Anak benua Indo – Pakistan adalah tanah asal dari berbagai agama. Dalam bab-bab terdahulu, telah kami gambarkan duakepercayaan yang lahir dan berkembang di anak benua ini. Agamaselanjutnya yang timbul di anak benua Indo-Pakistan adalah agamaSikh, tetapi antara agama tersebut ini dengan agama Buddha adajarak yang berabad-abad. Pada saat  itu, Islam telah lahir di jazirahArab dan telah tersebar ke berbagai tempat di dunia, termasuk keanak benua Indo – Pakistan ini. Hampir seluruh anak benua inidiperintah oleh penguasa Muslim. Namun mereka itu menunjukkanminat yang sangat kecil dalam menyiarkan agamanya. Islamdisebarkan di India, seperti ditunjukkan oleh Sir Thomas Arnolddalam bukunya yang terkenal The Preaching of Islam, adalahmelalui para wali Muslim dan kaum Sufi. Orang-orang suci iniberdiam jauh dar ι  kot α -kota besar dan dι  daerah-daerah yang tidakpunya penduduk Muslim. Dengan ajaran, contoh, dan kehidupanpara wali tersebut, mereka telah menarik perhatian dari orang-orangyang berkerumun untuk mendengarkannya. Ajaran merekasederhana dan mudah dimengerti, serta menyatakan kepada rakyattentang kasih sayang Tuhan, tent ang kepentingan utama dalammenyayangi serta melayani makhl uk Tuhan, dan tentang keindahanhati yang suci murni. Ajaran Islam mengenai Keesaan Tuhan danpersamaan serta persaudaraan dari segenap ummat manusia, telahmenarik sejumlah besar rakyat yang tidak puas terhadap politeismeHindu dan penyembahan berhala atau menjadi korban perbedaankasta dalam agama Hindu, serta  kasta Paria yang tidak bolehdisentuh. Berbicara mengenai masuknya rakyat awam di Bengalioleh pengaruh kaum Sufi, Sir W. W. Hunter menulis, “Bagi ummatmiskin ini, nelayan, pemburu, pembajak tanah, dan kasta rendahyang menggarap tanah, Islam tiba ba gaikan satu wahyu dari Langit.Islam merupakan pernyataan keimanan dari ras yang berkuasa, parapendakwah-nya adalah orang-orang dengan semangatmembawakan kitab tentang Keesaan Tuhan dan persamaan ummatmanusia dalam pandangan rakyat  yang teraniaya dan terlantar.Upacara yang dilakukan menjadi lenyap, kemunduran dan yangmembuat orang yang tadinya bingun g menjadi generasi orang yangberiman selama-lamanya … Bukanlah dengan kekerasan Islammendapatkan keberhasilan yang lestari di Bengali Bawah. Islammenghimbau kepada ummat dan agama itu menarik massa besardari pemeluk-pemeluk kalangan rakyat miskin. Agama itumembawakan konsepsi yang lebih  tinggi tentang Tuhan dan ideyang mulia tentang persaudaraan ummat manusia. Agama itumemberikan kepada orang banyak dari kasta yang rendah diBengali yang selama berabad-abad duduk di bagian paling bawahmasyarakat Hindu, suatu pintu masuk yang bebas ke dalam suatuorganisasi masyarakat yang baru”.
http://www.4shared.com/office/FF5KkpBE/SIKH.html



http://www.4shared.com/office/BBfdgYsn/MAJUSI.html
http://www.4shared.com/office/sc3jAEus/KRISTEN.html
http://www.4shared.com/office/lN9e2ptP/konghuchu.html

http://www.4shared.com/office/DNItc5w8/ISLAM.html